Home » , , » WOOW. Ada Cap Tangan Berumur Ribuan Tahun Dalam Gua di Argentina

WOOW. Ada Cap Tangan Berumur Ribuan Tahun Dalam Gua di Argentina

Written By Fransiska on Senin, 23 September 2013 | 23.53

Rio Pinturas - Puluhan cap tangan terpampang di salah satu gua Cueva de las Manos di Argentina. Tapi ini bukan lukisan biasa, ini adalah cap tangan yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Wisatawan pun penasaran dibuatnya.

Cap tangan di gua (UNESCO)

Traveler yang penasaran dengan keberadaan lukisan tangan ini bisa melihat langsung traveling ke Gua Cueva de las Manos di Patagonia. Tepatnya, gua ini berada di Rio Pinturas, Provinsi Santa Cruz, Argentina.

Jika diartikan, nama gua ini berarti Gua Tangan. Bukan tanpa sebab, penamaan ini karena bagian dalam gua dipenuhi oleh banyak cap tangan manusia.

Tak hanya itu, berbagai lukisan manusia juga terpampang di batu dinding gua. Menurut situs resmi UNESCO, Selasa (24/9/2013) lukisan-lukisan ini dibuat oleh masyarakat pemburu yang diperkirakan hidup antara 9.500-13.000 tahun lalu.

Telapak tangan sudah terlihat dari luar gua (es.wikipedia.org)

Perkiraan ini berdasarkan tulang yang ditemukan di gua. Kemungkinan, tulang ini digunakan masyarakat dulu sebagai alat penyemprotan cat yang terbuat dari bahan alam. Hasilnya, terbentukalah siluet tangan.

Lukisan dan cap tangan ini sudah bisa wisatawan lihat sejak baru masuk pintu gua. Pintu gua yang terbuat dari batu besar dipenuhi oleh banyak cetakan tangan aneka warna.

Jika diperhatikan, sebagaian besar tangan yang ada merupakan tangan kiri. Ini menunjukkan kalau orang-orang ketika itu melakukan penyemprotan menggunakan tangan kanan.

Selain cap tangan, ada pula lukisan lain yang berhubungan dengan kehidupan manusia

Selain cetakan tangan, ada juga gambar berupa manusia dan hewan seperti kucing di dinding gua. Tak ketinggalan, ada pula bentuk geometris seperti pola zig zag dan representasi matahari.

Satu hal yang menarik, salah satu lukisan gua ada yang seolah bercerita. Salah satunya adalah lukisan tentang beberapa adegan berburu yang dilakukan ketika itu. Dalam lukisan tersebut terlihat ada hewan yang diserang pemburu dengan menggunakan senjata lempar.



Sumber: http://travel.detik.com/read/2013/09/24/124616/2367693/1520/4/cap-tangan-berumur-ribuan-tahun-di-argentinav9911031381#menu_stop
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Top Full PC Game
Copyright © 2013. Unik Kah - All Rights Reserved
Free Game : Download PC Game Full Version
Proudly powered by Blogger