Home » , » PPnBM Mobil Murah 0% Ternyata tidak Merugikan Negara

PPnBM Mobil Murah 0% Ternyata tidak Merugikan Negara

Written By Fransiska on Minggu, 06 Oktober 2013 | 03.27

Jakarta - Keberadaan mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) tak dikenakan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM). Sehingga pendapatan negara berpotensi kehilangan sumber pemasukan pajak dari mobil murah, namun negara diklaim tidak rugi.

"Mobil LCGC ini memang menghapuskan PPnBM, itu bukan produsen mobil yang diuntungkan, tetap konsumen, konsumen tidak perlu bayar pajak PPnBM 10%," ujar Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi ketika berbincang dengan detikFinance, seperti dikutip Minggu (6/10/2013).

Apakah negara rugi karena kehilangan PPnBM 10% dari mobil murah?


"Tidak, negara masih dapat pajak PPN 10%, pajak daerah 10%," ungkapnya.


Menurut Budi, jika pemerintah tidak memberikan keringanan pajak agar harga mobil ramah lingkungan ini bisa lebih murah harganya dan terjangkau oleh masyarakat menengah di Indonesia maka akan ada kesempatan yang hilang bagi Indonesia.


"Kalau tidak diberi, ini opportunities loss bagi kita, karena mereka kalau tidak ada itu (keringanan pajak) maka mereka tidak mau datang masuk ke kita (Indonesia), sekarangkan dengan ada itu mereka mau buka pabrik disini, jadi tidak ada yang rugi," ungkapnya.


Ditambahkan Budi, tapi kalau Indonesia tidak buat mobil murah, maka pada perdagangan besar 2015, Indonesia akan diserbu mobil-mobil murah buatan negara ASEAN lainnya.


"Saat ini negara-negara tetangga kita juga pada buat mobil ini, contoh Thailand, kebayang nggak kalau kita sekarang nggak buat? 2015 mobil murah dari luar negeri pada masuk ke Indonesia, kita cuma jadi pembeli saja," tutupnya.


Sumber: http://finance.detik.com/read/2013/10/06/165045/2379244/1036/negara-diklaim-tak-rugi-gara-gara-ppnbm-mobil-murah-0?f9911013
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Top Full PC Game
Copyright © 2013. Unik Kah - All Rights Reserved
Free Game : Download PC Game Full Version
Proudly powered by Blogger