Home » , » Inilah 6 Skandal Tentang iPhone yang sempat Mengguncang Dunia

Inilah 6 Skandal Tentang iPhone yang sempat Mengguncang Dunia

Written By Fransiska on Selasa, 01 Oktober 2013 | 02.54

http://images.detik.com/content/2013/10/01/317/galdlm.jpg

Sejak dirilis tahun 2007, Apple iPhone terus menjadi ponsel laris. Sepanjang perjalanannya di industri smartphone, sudah banyak cerita yang dihadirkan oleh iPhone.

Cerita manis mungkin terkait prestasinya sebagai salah satu seri ponsel tersukses dalam sejarah. Namun tidak jarang pula iPhone terlibat berbagai skandal yang lumayan memalukan. Meski tidak semuanya adalah kesalahan Apple.

Isu miring apa saja yang pernah menimpa iPhone sepanjang sejarahnya? Berikut beberapa di antaranya yang dihimpun klik77 dari berbagai sumber.


1. Prototipe iPhone Tertinggal di Bar

http://images.detik.com/content/2013/10/01/317/152719_1.jpg

Pada tahun 2010, Apple kelimpungan setelah seorang karyawannya meninggalkan prototipe iPhone 4 di sebuah bar dekat kantor pusat Apple di Cupertino, California. 

Jejak prototipe iPhone 4 itu akhirnya ditemukan. Seorang pria misterius memberikan iPhone 4G tersebut pada media teknologi Gizmodo. Jadilah iPhone 4G berhasil 'dikuliti' sebelum waktu peluncurannya secara resmi.

Apple pun tidak rela prototipe iPhone 4 jatuh ke pihak luar sebelum resmi diluncurkan. Mereka dilaporkan mengirim surat resmi ke pengelola blog Gizmodo agar iPhone 4 segera dikembalikan. Gizmodo pun menurutinya.

Kasus ini menghebohkan karena pada saat itu, iPhone 4 sangat dinantikan kedatangannya. Sehingga tidak menjadi misteri lagi karena sudah direview terlebih dahulu oleh Gizmodo.

Karyawan yang teledor membuat iPhone ketinggalan itu kabarnya dipecat. Apple bahkan dilaporkan meminta polisi menyelidiki apakah tindakan yang dilakukan Gizmodo melanggar hukum. Namun kasus ini akhirnya diselesaikan dengan damai.


2. Jual Ginjal demi iPhone

http://images.detik.com/content/2013/10/01/317/152830_2.jpg

Beberapa penggemar Apple dikenal sangat fanatik. Pada tahun 2012, seorang remaja usia 17 tahun asal China bernama Wang, ia menerima tawaran menjual ginjalnya. Honor menjual organ tubuhnya itu lantas dibelikan iPhone dan iPad.

Wang, demikian nama panggilan remaja itu, dilaporkan media Tirai Bambu Xinhua menjadi korban penjualan organ tubuh ilegal. Ia diketahui dimanfaatkan sejumlah orang untuk menjalani transplantasi ginjal secara tidak resmi.

Lima orang yang tertangkap atas kasus ini, dimana salah satunya merupakan seorang dokter bedah. Mereka saat ini tengah diseret ke meja hijau di kota Chenzhou, provinsi Hunan, China bagian tengah.

Salah seorang tersangka mengaku melakukan hal tercela itu lantaran terlilit hutang akibat judi. Dari aksi penjualan ginjal ilegal itu, ia dibayar USD 35.000 (220.000 yuan). Sebesar USD 3.500 (22.000 yuan) di antaranya diberikan kepada si pendonor, pelajar SLTA tersebut.

Kisah ini kian pilu setelah sang pelajar ditanya oleh ibunya dari mana ia mendapatkan uang untuk membeli iPad dan iPhone. Sontak saja, sang ibu kaget luar biasa setelah mengetahui bahwa anaknya telah menjual satu ginjalnya untuk mendapatkan gadget populer Apple tersebut.


3. Antennagate iPhone 4

http://images.detik.com/content/2013/10/01/317/153001_3.jpg

Tahun 2010, Apple juga kelimpungan karena terjadi masalah antena di iPhone 4 yang sukar menerima sinyal. Beberapa laporan menyebutkan, hal ini terutama terjadi ketika iPhone digenggam dengan tangan kiri.

Apple kemudian membenarkan dugaan ini. Posisi jari yang menutupi bagian kiri smartphone mempengaruhi fungsi antena iPhone. Pasalnya di area tersebut, terletak antena untuk menangkap sinyal.

"Cara menggenggam smartphone akan berpengaruh pada performa antena. Jika hal ini terjadi pada iPhone 4 Anda, hindari menggenggam area sudut kiri bawah, terutama menutupi garis hitam yang ada di bagian itu," demikian bunyi pengumuman Apple berusaha memberikan solusi.

Masalah yang disebut sebagai antennagate ini tidak bisa diselesaikan dalam waktu singkat. Apple sampai minta maaf dan kemudian menawarkan casing gratis yang konon bisa memperkuat sinyal.

Casing karet yang bisa didapatkan mulai 30 September mendatang itu dikatakan Steve Jobs dapat melindungi kinerja antena supaya tidak terganggu sentuhan tangan pengguna.


4. Apple Maps Ngaco

http://images.detik.com/content/2013/10/01/317/153120_4.jpg

Di tahun 2012, Apple memutuskan 'cerai' dari Google Maps dan menggelar layanan peta sendiri di sistem operasi iOS 6. Namun Apple Maps ini menuai kritikan yang cukup tajam karena tidak akurat dan penampilannya sering ngaco.

Tanah pertanian disebut sebagai bandara dan jalan raya berakhir di suatu jalan buntu. Itulah sebagian keanehan di Apple Maps yang membuat penggunanya bisa nyasar.

Beberapa pengguna berkeluh kesah di Twitter. "Apple Maps juga punya error di daftar bisnis. Aku ingin memanggil taksi namun malah ditujukan ke taxidermist (ahli kulit binatang)," tulis seorang user.

Apple akhirnya meminta maaf dan berjanji secepatnya memperbaiki error yang banyak terjadi di Apple Maps.


5. iPhone Beberapa Kali Meledak

http://images.detik.com/content/2013/10/01/317/153201_5.jpg

Laporan kasus meledaknya iPhone sudah terjadi berulangkali. Penyebab utamanya konon terjadi masalah di sektor baterai.

Tahun 2009 misalnya, mata seorang pemuda mengalami luka-luka karena kecelakaan yang terjadi di Perancis, tepatnya di Aix-en-Provence. 

Dimulai dengan suara berdesis, kemudian kaca layar yang pecah lalu berhamburan ke udara. Inilah kronologi meledaknya iPhone yang diceritakan oleh Marie-Dominique Kolega, ibu dari sang korban.

Yang terbaru tahun 2013, insiden tak terduga dialami oleh salah satu pemilik ponsel Apple, Shibani Bhujle. Sebab, iPhone 4S miliknya mendadak panas lalu tiba-tiba...duarrrr! Meledak.

Kisahnya bermula saat marketing manager di salah satu perusahaan di New York tersebut sedang menaruh iPhone miliknya di meja sebuah kafe. Dia mengaku posisi iPhone yang sudah dimiliki satu tahun terakhir tersebut tidak dalam posisi diisi baterai.

Tak lama kemudian dia mencium bau asap dari iPhone 4S tersebut. Betapa kagetnya, ketika sadar bahwa iPhone miliknya tersebut mendadak mati dan semakin panas saat dipegang.


6. Setruman via iPhone Tewaskan Pramugari

http://images.detik.com/content/2013/10/01/317/153736_7.jpg
Seorang pramugari usia 23 tahun asal China tewas setelah tersetrum saat melakukan panggilan melalui iPhone 4S. Apple dan aparat setempat pun melakukan investigasi intensif.

Ada kemungkinan setruman disebabkan karena charger yang digunakan tidak asli. Menurut laporan media CCTV yang menjepret charger dan ponsel milik korban, terlihat bahwa charger bukan buatan Apple. 

"Charger tidak asli kualitas kapasitor dan pelindung sirkuitnya mungkin tidak bagus, ini mungkin menyebabkan kapasitor rusak dan menghantarkan listrik 220 volt langsung pada baterai ponsel," ucap Xiang Lagang, pakar telekomunikasi setempat.

Korban meninggal dunia tersetrum iPhone 4 di rumahnya kala menjawab panggilan. Sebelumnya, dilaporkan bahwa ia memakai iPhone 5, namun penyelidik meralat bahwa korban ternyata memakai iPhone 4 yang terbuat dari stainless steel.

Apple pun menyarankan agar pengguna iPhone selalu memakai aksesoris asli. "Apple selalu mengutamakan keamanan user dan sebagai hasilnya produk kami telah melalui uji coba ketahanan dan keamanan yang ketat," demikian rekomendasi Apple.


Sumber: http://inet.detik.com/read/2013/10/01/152158/2374456/317/6-skandal-iphone-yang-menghebohkan?991101mainnews
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Top Full PC Game
Copyright © 2013. Unik Kah - All Rights Reserved
Free Game : Download PC Game Full Version
Proudly powered by Blogger