Home » , » Gara-gara Google, Orang-orang Dewasa Masa Kini Jadi Pelupa

Gara-gara Google, Orang-orang Dewasa Masa Kini Jadi Pelupa

Written By Fransiska on Kamis, 03 Oktober 2013 | 01.33

Jakarta, Internet boleh jadi salah satu penemuan paling mengagumkan sepanjang sejarah manusia. Tapi sisi gelapnya, internet juga diklaim membuat manusia modern cenderung lebih pelupa dibandingkan generasi sebelumnya.


Apa sebabnya? Karena orang tinggal membuka internet, entah dari ponsel, tablet atau komputernya, untuk mencari semua jawaban dari pertanyaan di masa lalu. Salah satu hal yang paling bisa 'disalahkan' atas kondisi ini adalah ditemukannya situs pencari nomor wahid, yaitu Google, yang bisa memberikan jawaban atas pertanyaan apapun yang dilontarkan.

Hal ini disimpulkan sebuah survei baru setelah mencoba menggali ingatan 2.000 responden dewasa tentang tanggal-tanggal kejadian penting yang terjadi di dunia.

Survei ini menemukan sangat sedikit responden yang masih bisa mengingat pada tahun berapa Putri Diana meninggal dunia, meskipun itu baru terjadi pada tahun 1997. Tercatat juga kurang dari sepertiga responden tahu kapan Tembok Berlin runuh dan hanya 50 persen responden yang benar-benar tahu kapan manusia pertama menginjakkan kakinya di bulan.

Yang tak kalah mengejutkan, empat dari 10 responden mengaku tak tahu-menahu kapan berlangsungnya serangan 9/11 atas World Trade Center (WTC). Setelah diusut, survei yang digelar oleh Grant's Whisky UK ini pun menemukan 87 persen responden memperlihatkan 'ketergantungan yang tinggi' pada internet di mana mereka tak perlu repot atau susah-susah mengingat-ingat berbagai karena mereka tinggal meng-Google-nya.

Namun tanpa diduga, survei yang seluruh respondennya berasal dari Inggris ini mengungkapkan bahwa tanggal-tanggal yang paling sering mereka ingat adalah pada saat terjadinya Perang Dunia I dan Perang Dunia II, serta kemenangan Inggris di Piala Dunia 1966.

"Tanggal-tanggal tertentu yang sering ditekankan pada seseorang semasa sekolah akan cenderung terus bertahan dalam ingatan. Hanya saja 'seni' mengingat tanggal telah memudar dewasa ini dan kelihatannya makin kesini kita pun makin kesusahan mempertahankan ingatan," tandas jubir dari Grant's Whisky seperti dilansir Daily Mail, Kamis (3/10/2013).

"Terutama pada tanggal-tanggal peristiwa yang terjadi belakangan. Pasalnya responden empat kali jauh lebih ingat tentang Battle of Hastings di tahun 1066, ketimbang kapan terjadinya invasi Irak," tambahnya.

Dari situ peneliti mengakui meski internet merupakan sumber informasi yang luar biasa dan meningkatkan kualitas kehidupan manusia modern, nyatanya internet juga bisa mengubah cara tradisional yang dilakukan manusia untuk mengingat dan memproses sesuatu, apalagi jika dibandingkan dengan generasi yang lebih tua.

"Mungkin kemampuan untuk mengetahui tanggal peristiwa besar di masa lalu tidaklah begitu krusial, yang terpenting adalah bagaimana menjaga agar kisah manusia-manusia di balik peristiwa itu tidaklah hilang ditelan jaman dan kita takkan pernah berhenti mengapresiasi apa yang telah terjadi sebelumnya," imbuh sang jubir.


Sumber: http://health.detik.com/read/2013/10/03/150100/2376871/763/survei-google-sebabkan-orang-orang-dewasa-masa-kini-makin-pelupa?l992203755
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Top Full PC Game
Copyright © 2013. Unik Kah - All Rights Reserved
Free Game : Download PC Game Full Version
Proudly powered by Blogger