Home » , » Ibu-ibu Jangan Terlalu Cerewet ya, Nanti Bisa Bikin Putrinya Minder Lho

Ibu-ibu Jangan Terlalu Cerewet ya, Nanti Bisa Bikin Putrinya Minder Lho

Written By Fransiska on Kamis, 03 Oktober 2013 | 01.38

Jakarta, Hal yang lumrah jika ibu kerap memperhatikan anaknya, terutama saat putrinya sudah beranjak dewasa. Namun, ibu yang terlalu cerewet dengan sering mengkritik dan terlibat dalam kehidupan putrinya cenderung membuat si anak memiliki gangguan makan dan perilaku sosial yang buruk.


Menurut studi terbaru, gangguan makan yang terjadi lebih mengarah pada ketidakpuasan tubuh dan keyakinan serta praktik mengontrol berat badan yang tidak sehat. Hal ini sering terjadi di kalangan wanita di Amerika Serikat.

Peneliti melibatkan 286 mahasiswi dengan rata-rata usia 21 tahun. Ibu dan saudara mereka yang lebih tua juga diminta untuk mengisi kuisioner online. Sementara itu, penelitian juga menunjukkan bahwa dinamika keluarga seperti konflik dan kontrol bisa mempengaruhi emosi dan kesejahteraan sosial para perempuan muda.

Tapi, ibu yang terlalu ikut campur dan kritis berhubungan langsung dengan terjadinya masalah perilaku sosial dan gangguan makan pada anaknya. Penelitian ini diterbitkan secara online tanggal 18 September di jurnal Communication Monographs.

"Terlihat bahwa bentuk komunikasi korosif dalam keluarga sangat merusak pandangan individu terhadap dirinya sendiri dan juga kesejahteraannya. Karena hal ini mempromosikan perjuangan mereka untuk mengontrol dan meningkatkan dirinya," jelas penulis utama studi, Analisa Arroyo, asisten profesor komunikasi di University of Georgia, Athena.

Ia menambahkan, gangguan makan bisa berkembang sebagai teknik kompensasi untuk berurusan dengan ketidakmampuan sosial dan emosi yang negatif. Dalam penelitian itu disebutkan bahwa orang tua adalah pengaruh utama dalam pengembangan konsep diri serta keterampilan sosial anak-anak mereka.

Dikutip dari HealthDay, Kamis (3/10/2013), Arroyo menyimpulkan, "Jika orang tua fokus pada hubungan yang sehat antara orang tua dan anak serta mengajarkan anak-anak mereka keterampilan komunikasi yang efektif, kompetensi sosial tersebut justru bisa berfungsi melindungi berkembangnya tekanan psikologis dan gangguan makan."


Sumber: http://health.detik.com/read/2013/10/03/143150/2376829/764/ibu-yang-terlalu-cerewet-bisa-bikin-putrinya-minder-dengan-berat-badannya?l992205755
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Top Full PC Game
Copyright © 2013. Unik Kah - All Rights Reserved
Free Game : Download PC Game Full Version
Proudly powered by Blogger