Home » » Lebih Maju dari Jakarta, Beginilah Wajah Kota Surabaya di Tahun 2015

Lebih Maju dari Jakarta, Beginilah Wajah Kota Surabaya di Tahun 2015

Written By Fransiska on Senin, 23 September 2013 | 21.01

Jakarta - Belakangan ini, Kota Surabaya tengah sibuk-sibuknya berbenah diri. Taman-taman ditata dan dibangun, transportasi massal disiapkan. Dua tahun lagi atau tahun 2015, mereka mempunyai MRT dan trem. Wali Kota Tri Rismaharini memastikannya. Akan lebih maju dari Jakarta?

Taman-taman yang dibangun pemimpin sebelumnya ditata ulang. Taman Bungkul misalnya. PKL dilarang menggunakan alat peraga masuk ke taman seluas 900 meter persegi ini. Gantinya, mereka ditempatkan di luar area teman. Tanaman-tanaman pun dipercantik.

Beberapa taman baru dibangun. Sebagian memanfaatkan lahan di pinggir sungai atau lahan kosong di sudut jalan. Suasana kota jadi terlihat lebih hijau. Seirama dengan pepohononan-pepohonan besar di ruas jalan-jalan protokol.


Selain mempercantik kota, Pemkot Surabaya juga menyeriusi jalur transportasi massal. Badan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya mem-publish sejumlah desain monorel dan trem. Dua moda transportasi yang digadang-gadang mengurangi kemacetan itu sekaligus ikon modernisasi itu, disiapkan membelah Kota Pahlawan. Monorel membujur dari timur ke barat, sedangkan trem melintang dari selatan ke utara.

Koridor timur berada di kawasan Kenjeran, sedangkan koridor barat berada di sekitar kawasan Made, Sambikerep. Koridor utara di kawasan Ujung, Tanjung Perak, kemudian koridor selatan di Wonokromo. 

Untuk merealisasikan proyek mercusuar ini, Pemkot melakukan "Pre Market Sounding of Surabaya Monorail and Tram Investment Project" pada 31 Juli 2013 lalu. Hadir di acara tersebut, 50 orang meliputi Konsulat Amerika, Konsulat Jepang, Dinas Perhubungan Surabaya, perusahan swasta, dan perwakilan universitas.

Lelang akan segera dilakukan. Pemenangnya diputuskan akhir September 2013. Tapi Risma mengaku sejauh ini hal itu belum terwujud.

"Iya ya, harusnya akhir September ini pengumuman pemenang tender. Tapi sementara masih belum," kata Risma di balai kota, Senin (23/9/2013).

Risma tetap optimistis proyek tersebut akan berjalan sesuai rencana. Akhir tahun 2015 mendatang, pembangunan MRT dipastikan kelar.

"2015 nanti, pembangunan MRT selesai," jelas perempuan berjilbab ini.

Bagaimana dengan Jakarta yang masalahnya lebih kompleks dan areanya lebih luas dibanding Surabaya? Direncanakan, proyek MRT dimulai Oktober 2013. Koridor I Lebak Bulus-Kampung Bandan ditargetkan paling cepat selesai, beroperasi tahun 2017 mendatang. Tahap-tahap berikutnya dan koridor lain diperkirakan selesai tahun 2020 hingga 2027.

Siapa lebih cepat? Siapa lebih maju?.


Sumber: http://news.detik.com/read/2013/09/24/104259/2367497/475/2/seperti-ini-wajah-kota-surabaya-tahun-2015-lebih-maju-dari-jakarta
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Top Full PC Game
Copyright © 2013. Unik Kah - All Rights Reserved
Free Game : Download PC Game Full Version
Proudly powered by Blogger