Home » , » Inilah Sate Istimewa yang Berasal dari 5 Negara di Asia

Inilah Sate Istimewa yang Berasal dari 5 Negara di Asia

Written By Fransiska on Selasa, 01 Oktober 2013 | 01.46

Jakarta - Indonesia mungkin memiliki ragam sate paling banyak di dunia. Namun tak bisa dipungkiri, sate tak hanya ada di negara kita. Di Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, dan China, ada sajian sate dengan keunikan masing-masing.


Selain daging yang digunakan, bumbu dan cara penyajiannyapun berbeda. Seperti apa sate a la negara-negara Asia lainnya?


1. Malaysia


Wilayah Kajang, Selangor disebut sebagai Kota Sate di Malaysia. Sate Kajang sendiri berciri potongan dagingnya lebih besar dan bumbu kacangnya dicampur sambal goreng. Tak hanya daging ayam dan sapi, daging rusa, kelinci, ikan, hati, ampela, dll juga sering disajikan.
Selain itu ada sate dengan pengaruh China, yakni lok-lok dari Penang dan sate celup dari Melaka. Keduanya bisa terbuat dari potongan daging mentah, tahu, telur puyuh, babat, sayuran, dll. Jika dicelupkan dalam air panas, namanya sate lok-lok. Kalau satenya dimasak dengan saus kacang mendidih, namanya sate celup.


2. Singapura


Di Singapura, kita bisa menemukan satay ayam (sate ayam), satay lembu (sate sapi), satay kambing (sate kambing), satay perut (sate usus), dan satay babat (sate babat), dan sate bebek. Sate disajikan dengan saus kacang pedas manis yang kental, ketupat, serta potongan bawang merah dan mentimun. Adapula sate babi yang mendapat pengaruh dari budaya Peranakan, menggunakan nanas lumat dalam saus kacangnya.


3. Thailand

Sate di Thailand juga disajikan dengan saus kacang. Dagingnya bisa berupa ayam, sapi, babi, atau tahu. Sate Thailand berwarna kuning karena dibumbui kunyit dan berbagai rempah lainnya. Potongan dagingnyapun jadi tampak menyatu karena bumbunya menempel tebal.


4. Jepang


Yakitori umumnya merujuk pada sate yang terbuat dari macam-macam bagian tubuh ayam, termasuk daging, sayap, dan jeroannya. Biasanya pelanggan bisa memilih, ingin yakitori dimasak dengan garam atau saus tare (campuran mirin, sake, kecap asin, dan gula). Saus tersebut dioleskan ke sate yang dibakar hingga matang.
Selain ayam, orang Jepang juga mengenal sate dari lidah sapi (gyutan), daun bawang (ikada), tahu (atsuage tofu), jamur dan babi (enoki maki), paprika hijau (piman), asparagus dan bacon (asuparabekon), perut babi (butabara), cabai Jepang (shishito) dan bawang putih (ninniku).



5. China


Sate di China disebut chuanr dan berasal dari provinsi Xinjiang. Chuanr merupakan produk kuliner China muslim yang bisa digolongkan kebab. Tusukannya panjang namun disisakan di ujungnya. Potongan daging yang dimasukkan banyak. Biasanya daging yang digunakan adalah domba, namun daging ayam, babi, sapi, dan seafood juga mulai populer. Bahkan, serangga, burung, dan hewan eksotis lain juga dijadikan sate di daerah-daerah wisata. Bumbunya berupa jinten, serbuk cabai, garam, dan wijen yang ditaburkan atau dioleskan. Chuanr bisa dipanggang atau digoreng dengan banyak minyak.

Sumber: http://food.detik.com/read/2013/10/01/152745/2374457/297/4/sate-istimewa-dari-5-negara-asiad991101284#bigpic
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Top Full PC Game
Copyright © 2013. Unik Kah - All Rights Reserved
Free Game : Download PC Game Full Version
Proudly powered by Blogger