Home » , » Inilah Kembaran Tembok Besar China yang Ada di Indonesia

Inilah Kembaran Tembok Besar China yang Ada di Indonesia

Written By Fransiska on Jumat, 04 Oktober 2013 | 04.31

Bukittinggi - Tahukah Sobat, ternyata Great Wall atau Tembok Besar China punya kembaran di Indonesia dan India. Bentuknya pun mirip, berupa tembok yang tinggi dan lumayan panjang. Beginilah penampakannya!

Janjang Koto Gadang, Great Wall ala Bukittinggi 

Siapa yang tak tahu Tembok Besar China? Disebut-sebut sebagai salah satu keajaiban dunia, tembok yang membentang hingga 6.400 km dan sudah ada sejak 200 tahun SM ini menjadi destinasi favorit turis di Negeri Bambu Tersebut. Tapi, ada dua tembok besar lagi di Asia yang punya rupa yang sama.

Kembaran Tembok Besar China di Indonesia bernama Janjang Koto Gadang. Letaknya berada di Bukittinggi, Sumatera Barat dan pernah detikTravel kunjungi beberapa waktu lalu. Janjang Koto Gadang menghubungkan kawasan Bukittinggi dan Agam.

Wisatawan yang sedang mendaki Janjang Koto Gadang 

Panjang Janjang Koto Gadang adalah 1 km. Dari Bukittinggi, traveler bisa menjelajahinya dari pintu yang tak jauh dari Lobang Jepang. Trek pertama adalah menurun, lalu pemandangan Ngarai Sianok, persawahan, dan tebing-tebing gahar bakal menyapu pandangan Anda. Cantik Sekali!

Setelah itu, bakal ada jembatan gantung dan puluhan anak tangga yang bakal Anda lewati. Di beberapa titik terdapat pos-pos untuk beristirahat. Anda bisa duduk sambil memandangi sungai dan menghirup udara segar. Janjang Koto gadang baru diresmikan awal tahun 2013 ini oleh Menkominfo Tifatul Sembiring. Biaya masuknya pun gratis.

Jembatan gantung di Janjang Koto Gadang

Beralih ke India, di sana ada kembaran Tembok Besar China bernama Kumbhalgarh. Lokasinya berada di negara bagian Rajasthan, India bagian barat. Dari situs Udaipur Tourism, Tembok Kumbhalgarh ini membentang sepanjang 36 km dan sudah berdiri gagah sejak abad ke-15.

Tembok Besar Kumbhalgarh sejatinya merupakan pelindung bagi 300 kuil kuno dan benteng-benteng di dalamnya. Tembok ini dibangun oleh dinasti Kumbha dan dinasti penerusnya yaitu Sisodia. Di balik temboknya, total terdapat 84 benteng.


Bentuknya yang besar, megah, dan seperti ular yang melewati lembah dan gunung, membuat Kumbhalgarh terlihat mirip dengan Tembok Besar China. Anda bisa berjalan menjelajahi temboknya dan menyaksikan pemandangan cantik tersebut dari ketinggian. Kumbhalgarh pun bisa dibilang gahar, karena ketebalan temboknya mencapai 15 meter. Wow!

Kumbhalgarh, Great Wall ala India

Siapa bilang Great Wall hanya di China saja?


Sumber: http://travel.detik.com/read/2013/10/04/165032/2378257/1519/1/kembaran-tembok-besar-china-ada-di-indonesia-india991104topnews#menu_stop
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Top Full PC Game
Copyright © 2013. Unik Kah - All Rights Reserved
Free Game : Download PC Game Full Version
Proudly powered by Blogger