Home » , » Ini Dampak Memiliki Banyak "Hutang" Bagi Kesehatan dan Mental

Ini Dampak Memiliki Banyak "Hutang" Bagi Kesehatan dan Mental

Written By Fransiska on Selasa, 01 Oktober 2013 | 02.11

Ini dia alasan untuk segara melunasi utang pada kartu kredit atau teman Anda, karena studi baru menunjukan bahwa orang-orang yang memiliki utang berisiko lebih tinggi terkena gangguan kesehatan mental.

Memiliki Hutang, Memiliki Kesehatan Mental yang Buruk Pula!

Menurut para peneliti, kondisi psikologis seperti depresi dan neurosis jauh lebih umum di kalangan orang yang memiliki utang daripada mereka yang tidak memiliki utang, “Penelitian ini menunjukan hubungan yang kuat antara utang dan kesehatan mental,” kata Dr. Thomas Richardson seorang psikologis dari University of Southampton,UK, yang melakukan penelitian ini.

Hasil penelitian yang juga telah diterbitkan oleh jurnal Clinical Psychology Review menyatakan, bahwa utang mungkin saja mengarah pada kesehatan mental yang buruk dan menyebabkan stres, atau sebaliknya kesehatan buruk lebih rentan untuk memiliki utang, namun faktor lain seperti pekerjaan yang tidak menentu juga bisa memicu kesehatan mental yang buruk.

“Orang yang mengalami depresi mungkin berjuang untuk mengatasi masalah finansial yang buruk dan memutuskan untuk berutang, yang kemudian membawa mereka lebih dalam ke situasi depresi,” ujar Thomas.

Dari 65 penelitian yang dilakukan, para peneliti menemukan hubungan antara utang dan kesehatan mental, dan menunjukan bahwa kurang dari 9% orang tanpa mesalah kesehatan mental memiliki utang. Sementara itu, lebih dari 25% orang dengan masalah kesehatan mental memiliki utang.


Adapun kesehatan mental yang terkait dengan utang adalah bunuh diri, depresi, gangguan psikotik, ketergantungan obat, dan gangguna neurotik, meski demikian para peneliti tidak menemukan hubungan antara merokok dan utang.

Pada penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh peneliti dari Ohio State University, AS, menemukan bahwa stres disebabkan oleh utang kartu kredit yang tinggi, sedangkan pada studi lain yang telah diterbitkan dalam jurnal Social Science and Medicine juga mengungkapkan bahwa utang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi yang berakibat pada kesehatan jantung.

So, segara lunasi utang Anda ya Sob!

Baca Juga


Sumber: http://id.she.yahoo.com/memiliki-hutang-memiliki-kesehatan-mental-yang-buruk-pula-094603291.html
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Top Full PC Game
Copyright © 2013. Unik Kah - All Rights Reserved
Free Game : Download PC Game Full Version
Proudly powered by Blogger