Home » » Pembuang Sampah di Kali Swasembada Raib karena Diancam Fotonya Dipajang

Pembuang Sampah di Kali Swasembada Raib karena Diancam Fotonya Dipajang

Written By Fransiska on Senin, 30 September 2013 | 23.31

Jakarta - Kebiasaan membuang sampah di kali memang masih sulit diberantas. Petugas Kelurahan Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta Utara, mengancam akan memfoto para pembuang sampah sembarangan di Kali Swasembada dan memajangnya di tempat umum. 


"Sesudah kita sosialisasikan soal itu, sekarang volume sampah yang dibuang di Kali Swasembada berkurang drastis," kata Lurah Kebon Bawang, Makmun, kepada detikcom, Selasa (1/10/2013).

Makmun mengatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi mengenai pemajangan foto para pembuang sampah ini pada ketua RT, RW dan juga warga setempat. Para ketua RT dan RW mendukung langkah tersebut. 

"Saya sudah sosialisasikan dan para ketua RT dan RW mendukung semua," katanya. 

Makmun mengatakan, ada tiga lokasi yang menjadi fokus penertiban pembuangan sampah di kelurahan itu. Tiga lokasi ini sudah dipasangi spanduk agar warga tahu bahwa tidak boleh membuang sampah di lokasi itu. 

"Kalau nanti ada yang tertangkap akan difoto dan dipasang di lokasi tempat mereka membuang sampah," katanya. 

Pada Minggu (29/9), ratusan warga dengan PT Pelindo II Tanjung Priok melakukan aksi bersih massal di Kali Swasembada. Selama 6 jam kegiatan itu berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB.

Aksi bersih-bersih kali ini diawali dari Jembatan Gotong Royong sampai ke Jembatan Ampera dengan panjang mencapai 600 meter. Tidak hanya membersihkan sampah, mereka juga memangkas dan membersihkan tanaman liar dan melakukan penanaman pohon. Setelah aksi pembersihan kali, warga diberi fasilitas dan alat kebersihan seperti tong sampah, jaring sampah dan bak sampah.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membangkitkan kesadaran masyarakat tidak membuang sampah ke kali dan pentingnya menjaga lingkungan tetap bersih. "Kita berharap kali ini tetap bersih terus setelah pembersihan ini," kata Makmun. 


Sumber: http://news.detik.com/read/2013/10/01/121536/2374197/10/diancam-fotonya-dipajang-pembuang-sampah-di-kali-swasembada-menghilang?991101mainnews
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Top Full PC Game
Copyright © 2013. Unik Kah - All Rights Reserved
Free Game : Download PC Game Full Version
Proudly powered by Blogger