Home » , » Gaji Polisi Kita Paling Kecil Dibanding Thailand... Hmmmm

Gaji Polisi Kita Paling Kecil Dibanding Thailand... Hmmmm

Written By Fransiska on Rabu, 18 September 2013 | 09.02

Dekan Fakultas Hukum Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang, Suparmin mengatakan gaji polisi di Indonesia paling rendah dibandingkan negara tetangga.Gaji terendah yang diterima polisi di Indonesia atau setingkat bintara sekitar Rp 2,3 juta.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja menyebut bahwa Polri dan DPR sebagai lembaga terkorup di Indonesia. Hal ini didasarkan kepada hasil survei Transparansi Internasional.


Purnawirawan polisi berpangkat terakhir Ajun Komisaris Besaritu menjelaskan besaran gaji terendah itu relatif kecil jika dibandingkan negara tetangga, seperti Thailand dan Malaysia.

“Gaji terendah polisi di Thailand berkisar Rp 5 juta per bulan. Kemudian di Singapura lebih tinggi yakni Rp 16 juta per bulan. Apalagi dibandingkan Malaysia yang menggaji polisinya Rp 30 juta per bulan,”kata Suparmin.

Dengan gaji yang relatif rendah dibandingkan negara tetangga, polisi di Indonesia memiliki tanggung jawab yang lebih berat dengan keterbatasan jumlah personel dalam melayani masyaraat.

"Idealnya, perbandingan polisi dengan masyarakat adalah 1:400. Kondisi yang dihadapi sekarang ini masih 1:1.200-1.300 sehingga tugas dan tanggung jawab yang ditanggung polisi lebih besar," katanya.

Menanggapi penilaian bahwa Polri sebagai salah satu lembaga terkorup, ia mengatakan secara kelembagaan dan regulasi untuk mencegah tindak korupsi di lingkup jajaran Polri sebenarnya sudah bagus.

"Korupsi, pungli, dan sebagainya dilarang. Misalnya, dalam Peraturan Kapolri Nomor 8/2009 tentang Implementasi Prinsip dan Standar Hak Asasi Manusia dalam Penyelenggaraan Tugas Kepolisian. Polisi itu, ibaratnya kaki kiri masuk kuburan, kaki kanan masuk Propam. Salah sedikit bisa celaka. Memang risikonya berat. Percayalah, bahwa banyak sekali polisi yang baik dan jujur," kata Suparmin.

Sumber: http://www.menit.tv/read/2013/09/18/16790/7/7/Gaji-Polisi-Kita-Paling-Kecil-Dibanding-Thailand-
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Top Full PC Game
Copyright © 2013. Unik Kah - All Rights Reserved
Free Game : Download PC Game Full Version
Proudly powered by Blogger